Motivasi Menulis Unik Ala Tere Liye

 Tere Liye adalah salah satu penulis novel pria dari sedikitnya penulis-penulis pria di Indonesia. Tulisan Tere Liye dikenal sangat mengalir dan mampu menghidupkan suasana melalui diksi yang mudah dicerna oleh pembaca. Beberapa karyanya antara lain : Bumi, Bulan, Komet, dan Ceros dan Baltozar. Beberapa sangat familiarkan di telinga kita? Bahkan beberapa telah menjadi best seller di Indonesia. Dengan segala kesuksesannya itu. Lantas apa yang menjadi motivasinya untuk menulis?

Pada saat Tere Liye menjadi pengisi acara pelatihan kepenulisan. Kerap kali ia menyampaikan sebuah narasi yang memberikan pilihan kepada penulis muda untuk menentukan motivasi mereka dalam menulis. “kalau kalian pengen jadi kaya, pengen diundang kemana-mana, pengen difilmkan tulisannya. Itu tidak ada rasanya”, begitulah ungkapnya. Sedangkan di lain waktu ia mengucapkan, “Kalau menulis karena pengen terkenal, kaya, diundang kemana-kemana? Kalau menulis karena itu alasannya. Energi kepenulisan kalian tidak cukup.” Lantas apa motivasi terbesar Tere Liye dalam menulis?


Tere Liye


Motivasi Terbesar Tere Liye dalam Menulis


Tere liye mengungkapkan motivasinya melalui perumpamaan kisah penyu, burung pipit, dan sebatang pohon kelapa. Singkat ceritanya, burung pipit dengan sayapnya bisa melalangbuana ke kota-kota. Sedangkan penyu mampu berenang antar benua mengarungi lautan yang luas melihat Eropa, Antartika dan banyak samudera lagi di dunia. Sedangkan pohon kelapa tidak bisa kemana-mana. Akan tetapi perlu diketahui bahwa buah dari pohon kelapa yang telah matang akan jatuh. Kemudian kelapa melalangbuana ke seluruh pantai di dunia melalui ombak lautan menghasilkan pohon-pohon kelapa lain di seluruh dunia.

Anggap saja Tere Liye sebagai pohon, lautan sebagai penerbit, dan tanah adalah para pembaca. Dengan satu pohon maka akan tumbuh lebih banyak pohon lain. Dengan satu figur maka akan menghasilkan figur-figur lain di masa depan. Begitulah motivasi menulis Tere Liye


Kesimpulan


Salah satu alasan yang paling kuat yang dijadikan motivasi oleh Tere Liye adalah berbagi, menebarkan manfaat bagi sekitarnya dan memunculkan figur penulis baru di masa depan, serta supaya ia selalu dikenang melalui karya-karyanya .

Belum ada Komentar untuk "Motivasi Menulis Unik Ala Tere Liye"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel